Kajian Hadits ke-6 Halal Haram dan Syubhat | Download Powerpoint

referensimuslim.com – Bismillah, kembali admin berbagi materi download file powerpoint kajian hadits Halal Haram dan Syubhat, Kajian Hadits Arbain ke-6 yang disampaikan di depan para karyawan PT Evoluzione Tyres Subang. Terima kasih kepada DKM Ar-Rahman Evoty atas kepercayaannya kepada kami. Untuk mendapatkan file materinya silahkan klik DISINI. dan Lihat Video Kajian Hadits Halal Haram dan Syubhat dikupas secara tuntas KLIK VIDEO.

Matan dan Terjemah Hadits

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: إِنَّ الْحَلاَلَ بَيِّنٌ، وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ، وَبَيْنَهُمَا مُشْتَبِهَاتٌ لاَ يَعْلَمُهُنَّ كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ، فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ، اِسْتَبْرَأَ لِدِيْنِهِ وَعِرْضِهِ، وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُبُهَاتِ وَقَعَ فِي اْلحَرَامِ، كَالرَّاعِي يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوْشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيْهِ، أَلاَ وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمَى، أَلاَ وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ، أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ. رواه البخاري ومسلم

Dari Abu Abdillah an–Nu’man bin Basyir radhiallahu ‘anhu beliau berkata, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang halal itu jelas, dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat perkara-perkara syubhat (samar, belum jelas) yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Maka barangsiapa yang menjaga (dirinya) dari syubhat, ia telah berlepas diri (demi keselamatan) agama dan kehormatannya. Dan barangsiapa yang terjerumus ke dalam syubhat, ia pun terjerumus ke dalam (hal-hal yang) haram. Bagaikan seorang penggembala yang menggembalakan hewan ternaknya di sekitar kawasan terlarang, maka hampir-hampir (dikhawatirkan) akan memasukinya. Ketahuilah, sesungguhnya setiap penguasa (raja) memiliki kawasan terlarang. Ketahuilah, sesungguhnya kawasan terlarang Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Apabila segumpal daging tersebut baik, baiklah seluruh tubuhnya, dan apabila segumpal daging tersebut buruk, buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Biografi Sahabat Perowi Hadits
Perawinya adalah Abu Abdillah Nu’man bin Basyir Al Madani (622–684) adalah seorang shahabat dari kalangan Anshar. Kuniyah beliau Abu Abdillah. Bapak beliau adalah seorang shahabat yang mulia bernama Basyir bin Sa’ad bin Tsa’labah bin Julas bin Za’id Al Anshori Al Khazraji, dari kalangan suku khazraj, salah satu suku terkenal di Madinah. Bapaknyalah yang memperkenalkannya kepada Rasulullah. Ketika kelahirannya, beliau dibawa kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  untuk didoakan. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhabarkan bahwa anak itu akan seperti bapaknya menjadi shahabat yang mulia dan akhir hidupnya juga akan sama, yaitu meninggal karena dibunuh.

Urgensi (Ahamiyah) Hadits
Hadits ini diriwayatkan Al-Bukhari, Imam Muslim, Abu Dau, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah. Abu Daud mengakatan hadits ini seperempat agama. Hadits ini menjelaskan halal, haram dan syubhat. Anjuran agar umat Islam besikap hati-hati (wara’) yaitu meninggalkan yg syubhat

Penjelasan Fiqih Hadits

MATERI LENGKAP FILE POWERPOINT DOWNLOAD KLIK DISINI

Kajian Hadits ke-6 Halal Haram dan Syubhat | Download Powerpoint

Berbagi dengan Admin Follow IG @referensimuslim_

Silahkan tulis komentar Anda disini!

Your email address will not be published. Required fields are marked *