Tadabur Al-Quran Tafsir Surat Al-Lahab, Balasan Siksa di Dunia dan Akhirat

Alhamdulillah kembali bisa berbagi dalam kajian tematik. Tadabur Al-Quran Tafsir Surat Al-Lahab, dengan judul “Balasan Siksa di Dunia dan Akhirat” kajian tematik KPP Pratama Subang. Semoga Bermanfaat!

Intisari Surat Al-Lahab

Surat ini terdiri dari lima ayat, 22 kata, 81 huruf dan merupakan Surat Makkiyah. Dinamakan surat Al Lahab karena surat ini membicarakan Abu Lahab yang suka menyakiti Rasulullah dan balasan baginya berupa neraka yang apinya bergejolak (al lahab). Kata lahab (لهب) yang merupakan azab bagi Abu Lahab disebutkan di ayat tiga.

Ia disebut juga Surat Al Masad. Diambil dari ayat terakhir pada surat ini, ketika mensifati istri Abu Lahab. Juga dinamakan Surat Tabbat karena firman Allah ini diawali dengan kata tersebut.

Sebab Turunnya Surat (Sababun Nuzul) Al-Lahab

Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Salam, telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah, telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Amr ibnu Murrah, dari Sa’id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi Saw. keluar menuju ke Lembah Batha, lalu menaiki bukit yang ada padanya dan berseru, “Awas ada musuh di pagi hari ini!” Maka orang-orang Quraisy berkumpul kepadanya dan beliau bersabda: “Bagaimanakah pendapat kalian jika aku sampaikan berita kepada kalian bahwa musuh akan datang menyerang kalian di pagi atau petang hari, apakah kalian akan percaya kepadaku?” Mereka menjawab, “Ya.” Nabi Saw. bersabda, “Maka sesungguhnya aku memperingatkan kepada kalian akan datangnya azab yang keras.” Maka Abu Lahab berkata, “Celakalah kamu ini, karena inikah engkau mengumpulkan kami.” Maka Allah Swt. menurunkan firman-Nya: Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. (Al-Lahab: 1), hingga akhir surat

Download Materinya: Tadabur Al-Quran Tafsir Surat Al-Lahab, Balasan Siksa di Dunia dan Akhirat

Baca Juga: Tadabur Al-Quran Tafsir Surat Al-Ikhlas, Menyelami Sepertiga Al-Quran

Silahkan tulis komentar Anda disini!

Your email address will not be published. Required fields are marked *