Tadabur Al-Quran Tafsir Surat Al-Kafirun, Komitmen Pedoman Hidup!

Alhamdulillah kembali bisa berbagi dalam kajian tematik. Tadabur Al-Quran Tafsir Surat Al-Kafirun, dengan judul “Komitmen Pedoman Hidup” kajian tematik KPP Pratama Subang. Semoga Bermanfaat!

Intisari Surat Al-Kafirun

Surat Makiyah, urutan surat ke-109, terdiri dari 6 ayat, 27 kata dan 98 huruf. Tema Besarnya AL-MUFASHOLAH (perbedaan) antara Iman dan Kufur. Iman pedoman hidup, kufur pedoman hidup. Penegasan Bahasa al-Quran Iman dan Kafir (al-mufasholah). Sholat sunah sebelum shubuh (qobliyah) membaca surat al-kafirun dan al-iklash (sholat qobliyah shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya). Mengawali hari dengan spirit tauhid (penegasan surat al-kafirun)

Sebab Turunnya Surat (Sababun Nuzul) Al-Kafirun

AL-MUSAWAMAH sebab turun surat ini, tawar menawar ibadah, mereka menganggap agama mereka sama/dekat
Pengingkaran mereka sehingga disebut kafir atau musyrik, bukan karena tidak percaya Allah. Ibnu Katsir menjelaskan asbabun nuzul Surat Al Kafirun dalam tafsirnya. Bahwa orang-orang kafir Quraisy pernah mengajak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menyembah berhala-berhala mereka selama satu tahun, lalu mereka akan menyembah Allah selama satu tahun. Maka, Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan surat ini.

Ibnu Ishaq meriwayatkan dari Ibnu Abbas terkait asbabun nuzul Surat Al Kafirun ini. Bahwa Walid bin Mughirah, Ash bin Wail, Aswad bin Abdul Muthalib dan Umayyah bin Khalaf menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Mereka mengatakan, “Wahai Muhammad, marilah kami menyembah Tuhan yang kamu sembah dan kamu menyembah Tuhan yang kami sembah. Kita bersama-sama ikut serta dalam perkara ini. Jika ternyata agamamu lebih baik dari agama kami, kami telah ikut serta dan mengambil keuntungan kami dalam agamamu. Jika ternyata agama kami lebih baik dari agamamu, kamu telah ikut serta dan mengambil keuntunganmu dalam agama kami.”

Penutup

Penegasan Bahasa al-Quran Iman dan Kafir (al-mufasholah). Sholat sunah sebelum shubuh (qobliyah) membaca surat al-kafirun dan al-iklash (sholat qobliyah shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya). Mengawali hari dengan spirit tauhid (penegasan surat al-kafirun).

Surat Al Kafirun jawaban tegas bahwa dalam aqidah tidak ada kompromi. Dalam ibadah tidak boleh ada pencampurbauran. Tidak mungkin Rasulullah dan orang-orang beriman menyembah berhala dan sesembahan orang kafir meskipun hanya setahun, sehari bahkan sedetik. Karena itu adalah kemusyrikan dan kekafiran.

Surat ini juga menunjukkan manhaj yang jelas dalam dakwah Islam bahwa ia tidak boleh menerima tawaran apapun yang bertentangan dengan tauhid. Dan demikianlah hendaknya seluruh dai mengambil jalan sebagai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengambil jalan.

Download Materinya: Tadabur Al-Quran Tafsir Surat Al-Kafirun, Komitmen Pedoman Hidup!

Baca Juga: Tadabur Al-Quran Tafsir Surat An-Nashr, Kemenangan dan Perpisahan!

Silahkan tulis komentar Anda disini!

Your email address will not be published. Required fields are marked *